Tuesday 4 June 2013

PENGERTIAN DONGENG DAN CERITA



Salam senyum ceria hari bahagia....
Sering kita dengar  bahkan kita lakukan mendongeng akan tetapi banyak diantara kita yang belum sepenuhnya m engetahui makna dongeng, ada yang bilang dongeng itu  cerita, ada juga  yang b ilang cerita  itu dongeng, nah lo.. apa ya perbedaannya... kita cari tahu dulu pengertian dongeng menurut para ahli
1. Pengertian Dongenng James Danandjaja
Menurut (James Danandjaja, 2007: 83) pengertian dongeng adalah cerita pendek yang disampaikan secara lisan,  dimana dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar benar terjadi.
2. Pengertian Dongeng Menurut Kamisa
Menurut  (Kamisa, 1997: 144) secara umum pengertian dongeng adalah cerita yang dituturkan atau dituliskan yang bersifat hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan . Dongeng merupakan suatu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar tejadi/ fiktif yang bersifat menghibur dan terdapat ajaran moral yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.
3. Pengertian Dongeng Menurut Nurgiantoro
Menurut (Nurgiantoro, 2005:198) pengertian dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal sering tidak masuk akal. Pendapat lain mengenai dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi, terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh. ( KBBI, 2007 : 274). 
4. Pengertian Dongeng Menurut Agus Triyanto (2007: 46)
Menurut Agus Triyanto (2007: 46) definisi dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik) dan juga menghibur. Jadi, dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif.

Kesimpulan dari Pengertian Dongeng

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar tejadi yang berisi tentang petualangan yang penuh imajinasi dan terkadang tidak masuk akal dengan menampilkan situasi dan para tokoh yang luar biasa/ goib.
Sementara cerita adalah rangkaian peristiwa yag disampaikan, baik berasal dari kejadian nyata (non fiksi) ataupun tidak nyata (fiksi). jadi dongeng adalah  cerita, namun cerita belum  tentu dongeng.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment